Rabu, 29 Juli 2009

Andrea Dovizioso Meraih Kemenangan Perdana


DONINGTON - Andrea Dovizioso sukses menorehkan kemenangan perdananya di ajang GP Inggris, Minggu (26/7/2009). Rider Repsol Honda itu sukses menjadi juara setelah beberapa rival tangguh macam Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi terjatuh karena tak mampu menaklukkan sirkuit di sirkuit Donington yang licin karena diguyur hujan.

Ya, seri perpisahan di Donington Park yang tahun depan akan digunakan ajang Formula One, memang menghadirkan banyak cerita tersendiri. Cuaca hujan yang mengguyur lintasan, meninggalkan memori menyakitkan bagi para pembalap yang harus mencium aspal.


Lomba diawali dengan pertarungan antara dua Yamaha Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, serta duo Honda Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso. Yang mengejutkan pada seri kali ini adalah hadirnya Toni Elias dalam pertarungan memperebutkan posisi terdepan. Pembalap Gresini Honda tersebut bahkan sukses memimpin di awal lomba.


Sayang, cuaca tak bersahabat memaksa satu-persatu pembalap menjadi korban. Elias menjadi rider pertama yang harus meninggalkan kenangan buruk di Donington. Memasuki lap ke-7, rider asal Spanyol yang masih bertarung di barisan depan bersama dengan Rossi, Lorenzo, Pedrosa serta Dovi harus terpelanting karena tak mampu menyeimbangkan motor.

Namun satu lap berikutnya kejadian nahas yang menimpa Elias juga dialami Lorenzo yang sejak lima lap awal memimpin lomba. Menjelang memasuki tikungan, Lorenzo tampak terlalu dalam dalam memencet rem depan dan akhirnya slip dan terseret ke gravel. Jatuhnya Loerenzo menjadi berkah tersendiri bagi Rossi yang otomatis memimpin jalannya lomba diikuti Dovi dan Pedrosa di tempat kedua dan tiga.

Memasuki pertengahan lomba, cuaca semakin tidak bersahabat. Hujan yang turun memang tidak terlalu deras, namun intensitas air yang turun membasahi lintasan cukup membuat para pembalap kesulitan. Alhasil, Rossi pun menjadi korban. Sebelas lap menjelang finish, Vale tak mampu menjaga kestabilan motornya saat melahap tikungan hingga akhirnya terjatuh. Beruntung, mesin motornya tidak mati sehingga rider asal Italia itu masih bisa melanjutkan lomba meski harus turun ke posisi buncit.

Nasib sial yang menimpa Rossi membuat Dovizioso yang membuntuti di tempat kedua, naik ke posisi posisi terdepan, diikuti reakan setimnya Pedrosa dan Randy de Puniet di tempat ketiga dan Colin Edwards di posisi empat. Dengan cuaca yang sedikit aneh, beberapa pembalap memutuskan masuk pit untuk mengganti ban di sisa delapan lap.

Namun, Dovi yang tak ingin posisinya terlepas karena masuk pit, memutuskan untuk terus memacu motornya di lintasan yang sedikit basah. Dua rider dibelakangnya, Colin Edwards dan Randy de Puniet juga memutuskan hal yang sama demi meraih podium pertama bagi mereka. Alhasil, hingga akhir lomba, kedudukan tak berubah di mana Dovi finish pertama diikuti Edwards dan de Puniet.

Sementara hasil gemilan gjuga berhasil ditorehkan Rossi yang sempat terjatuh. Juara bertahan musim ini sukses memanfaatkan keuntungan saat pembalap di depannya masuk pit, dan akhirnya bisa mengamankan posisi lima di akhir lomba. Hasil buruk justru torehkan duo Ducati Casey Stoner dan Nicky Hayden yang hanya mampu finish di posisi 14 dan 15.

Hasil Lengkap GP Inggris Minggu (26/7/2009):

Pos - Pemb - Tim - Wak
1. Andrea Dovizioso Honda 48m26.267s
2. Colin Edwards Tech 3 Yamaha +1.360s
3. Randy de Puniet LCR Honda +1.600s
4. Alex de Angelis Gresini Honda +8.958s
5. Valentino Rossi Yamaha +21.622s
6. James Toseland Tech 3 Yamaha +22.465s
7. Marco Melandri Hayate Kawasaki +35.284s
8. Niccolo Canepa Pramac Ducati +38.769s
9. Dani Pedrosa Honda +42.112s
10. Mika Kallio Pramac Ducati +45.845s
11. Loris Capirossi Suzuki +53.190s
12. Gabor Talmacsi Scot Honda +1m12.315s
13. Chris Vermeulen Suzuki +1 lap
14. Casey Stoner Ducati +1 lap
15. Nicky Hayden Ducati +1 lap
Out:
Jorge Lorenzo Yamaha 8 lap
Toni Elias Gresini Honda 7 lap

Related Posts



1 komentar:

Gandhi Hetami mengatakan...

wah bagus juga sob artikelnya, jangan lupa mampr blik y, aku trima kash bgt kalo mau liat2 n klik iklanku juga, hhehe, thx

Posting Komentar

The Hero © 2008 Dimiliki Oleh:
Eko Purwanto