Kamis, 20 Agustus 2009

Cara Cracker Menghapus Jejak

Pada kali ini saya ingin memposting tentang bagaimana cara cracker menghapus jejak(tidak terdeteksi di Internet). Anda mungkin pernah mengalami serangan daripada cracker maupun hacker. Postingan saya berikut ini saya ambilkan dari sebuah buku yang isinya membahas tentang dunia Hacker dan Cracker. Dari buku tersebut saya memperoleh banyak ilmu tentang dunia Hacker dan Cracker. Semoga apa yang saya posting kali ini bermanfaat bagi Anda semua.


Tidak Terdeteksi Di Internet

Cara Mengenali Cracker Di Internet

Tanya : Saya telah membaca bahwa semua gerakan saya di Internet dapat dicatat dan setiap saat dapat diikuti.Apa benar?

Jawab : Secara murni teoritis dan teknis memang benar.Setiap pengelola web-server , FTP, maupun layanan Internet lain biasanya memiliki fasilitas untuk mencatat segala aktivitas dalam file LOG. Di antaranya misalnya kunjungan ke suatu halaman web, download, atau pengisian formulir. Protokol mencatat aksi yang dilakukan, tanggal, dan jam serta alamat IP pengunjung. Setiap peselancar menggunakan sebuah alamat IP yang unik dan jelas. Ini merupakan sebuah blok terdiri atas 4 bilangan antara 0-255 yang satu sama lain dipisahkan dengan titik, misalnya: 132.98.4.144. Alamat ini selalu Anda bawa-bawa selama berselancar. Bertentangan dengan pendapat umum, alamat e-mail tidak ada hubungannya dengan identitas di Internet dan alamat IP. Setiap pengguna dapat memiliki banyak alamat e-mail. Identifikasi hanya dilakukan melalui alamat IP.

Jika Anda masuk ke Internet melalui modem, ISDN, atau ADSL dan provider akses semacam T-Online atau AOL-ini berlaku bagi sebagian besar pengunjung Internet pada setiap dial-up Anda mendapatkan alamat IP pada saat tertentu hanya diketahui oleh provider (ISP) yang mencatat dalam file LOG.

Misalkan pengelola sebuah website ingin mengidentifikasi seorang pengunjung yang meninggalkan catatan tidak legal dalam buku tamu. Dengan file LOG ia dapat melacak provider akses yang digunakan dan mengirimkan alamat IP peselancar beserta tanggal dan jam selancarnya. Provider dapat melihat dalam file LOG-nya, pelanggan mana yang saat tersebutmenggunakan alamat IP tersebut. Namun, tanpa putusan pengadilan, provider tidak akan memberikan informasi yang diminta. Dengan demikian, identifikasi seorang pengguna Internet hanya dapat terlaksana melalui jalur hukum.

Kelompok rock Metallica juga menghadapi masalah di atas, ketika mereka menuntut Napster untuk memberikan 300.000 nama pengguna yang menawarkan lagu-lagu Metallica melalui bursa musik tersebut. Secara teknis memang bisa dilakukan, tetapi secara hukum malah terlalu merepotkan. Ironis memang: Pelanggar hukum terlindung oleh sistem hukum.

Selain itu, banyak pengunjung Internet menggunakan provider call-by-call (TelkomNet Instan atau Warnet) tanpa perlu mendaftar. Ini semakin mempersulit identifikasi, hanya sebatas tempat ia mengakses dan ISP yang digunakan.

Anonymizer: Cara cracker berselancar tanpa dikenali

Tanya: Saya telah mendengar mengenai sebuah program yang dapat menutupi alamat IP.Di mana bisa diperoleh?

Jawab: Memang ada program dan layanan semacam itu. Beberapa diantaranya adalah layanan dari www.anonymizer.com atau www.spaceproxy.com, yang bekerja seperti server proxy. Pada prakteknya, pengguna meminta alamat web yang diinginkan melalui baris teks-input pada website layanan. Kemudian Anonymizer atau Space-Proxy melanjutkan permintaan ke alamat web yang diinginkan dan mengganti alamat IP pada paket data. Oleh halaman web yang dikunjungi, berdasarkan file LOG, pengunjung tidak dapat diidentifikasi karena alamat IP yang digunakan adalah milik server proxy.

Kelemahan dari layanan ini adalah bahwa “jalan” melalui server proxy menurunkan kecepatan berselancar. Selain itu, Anonymizer membuat penundaan kecil sebelum menuju ke alamat yang diinginkan. Tambahan yang juga menjengkelkan adalah banner iklan yang sering muncul pada layanan gratis tersebut. Jika ingin lebih cepat dan Anda tidak suka iklan, minta saja Premium Accout. Dengan biaya US$50 per tahun, Anda mendapatkan serangkaian layanan tambahan seperti e-mail atau fasilitas penerimaan streaming video.

Seberapa jauh Anonymizer dan sejenisnya memiliki kewajiban dan kesediaan memberi informasi kepada institusi penyidik-misalnya dalam dugaan tindakan pidana-masih belum jelas hingga tulisan ini dibuat.

Apakah hard disk saya bisa dibaca semua orang?

Tanya: Saya menemukan satu halaman di Internet yang dapat menampilkan seluruh isi hard disk saya dengan mengklik sebuah tombol, walaupun saya tidak memberikan drive untuk sharing. Apakah PC saya terbuka lebar bagi pengguna lain di Internet?

Jawab: Tak perlu khawatir, kemungkinan besar Anda hanya berjumpa dengan canda yang tersebar luas. Dengan Javascript atau program Active-X kecil yang tersembunyi di satu halaman web, tidak sulit menampilkan isi hard disk Anda dalam jendela browser. Hanya Anda yang dapat melihat informasi ini, dan tidak keluar dari PC Anda.

Apakah PC saya aman?

Tanya: Bagaimana saya mengetahui apakah sistem saya terbuka bagi serangan hacker atau tidak?

Jawab: Suatu cara yang bagus ditawarkan oleh website tertentu dengan berusaha mengakses PC Anda melalui berbagai port untuk tujuan demo atau informasi, kemudian memberitahu Anda jika mereka berhasil dan melalui saluran yang mana. Biasanya tes semacam itu dilakukan oleh perusahaan yang menjual produk keamanan internet, misalnya firewall.

Sebuah alamat yang bagus untuk itu adalah www.netscreen.com/pub/scan. Tes serupa juga ditawarkan oleh sebuah perusahaan pelindung data di Swiss, pada website www.datenschutz.ch atau Anda dapat mencoba layanan gratis www.all-nettools.com.

Bagaimana menurut Anda postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Dan jangan lupa beri komentar.



Related Posts



7 komentar:

kartikasari mengatakan...

ga jadi dach aku mo jadi hacker nie brow....atuttttt.....^_^

Unknown mengatakan...

gila !!




muja

Unknown mengatakan...

wah parah bgt tapi nice info nih :D
btw mas ud saya follow ya google friendnya :D

Lina Gustina mengatakan...

Buat saya yang masih minim ilmunya, baca yang beginian rada pusing. Bagus infonya, sebaiknya hanya dipakai untuk tujuan positif...

james mengatakan...

www.kokojames.com
spertinya hcracker trus mencari celah kosong untuk bsia di masukin..
oleh karena itu update trus program anda :)

Aditfauzan mengatakan...

Saya masih minim ilmu.bisa crack 1 website aja Uda seneng.makasih udah mau berbagi ilmunya

Unknown mengatakan...

Kontol

Posting Komentar

The Hero © 2008 Dimiliki Oleh:
Eko Purwanto